Pelatih timnas U-21 Widodo C. Putro akan menjadikan Andik Vermansyah sebagai andalan saat melakoni turnamen Hasanah Bolkiah Trophy bulan Februari mendatang.

Terhitung sejak Sabtu (7/1/12), Widodo hanya memiliki waktu kurang lebih empat hari untuk melakukan seleksi pemain. Kendala yang dihadapi para pemain muda ini adalah kurangnya jam terbang, yang dapat mempengaruhi mental mereka dalam pertandingan.

Karena itu, munculnya sosok berpengalaman seperti Andik Vermansyah diharapkan bisa menopang mental tim.

“Andik Vermansyah memang pemain yang akan jadi salah satu tumpuan di timnas U-21,” kata Widodo ketika dihubungi wartawan, Senin (9/1/12).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meski baru berusia 20 tahun, Andik punya skil di atas rata-rata. Pelatih Persebaya Surabaya, Divaldo Alves, pun menjadikannya sebagai starter dalam setiap pertandingan ‘Bajul Ijo’. Tidak hanya jam terbang di level atas domestik, Andik juga sudah merasakan atmosfer pertandingan internasional saat memperkuat timnas U-23 di SEA Games 2011.

“Dia (Andik) sudah punya pengalaman di timnas, SEA Games dan Indonesia Selection (melawan LA Galaxy). Hanya Andik yang cukup memmiliki jam terbang (untuk U-21),” ujar Widodo.

Masalah mentalitas juga diakui Aji Santoso, yang mendampingi Widodo dalam persiapan menghadapi turnamen yang diikuti 11 negara Asia Tenggara itu.

“Ada beberapa pemain yang memiliki kualitas yang cukup tapi masih kurang pengalamannya, jadi pelatih Widodo harus bekerja keras agar bisa mengasah para pemain tersebut menjadi lebih profesional,” ujar Aji, yang kabarnya direkrut menjadi pelatih timnas U-23.

“Karena banyak banyak pemain yang masih bermain di divisi amatir dan pengalamannya masih sangat minim. Jika tim U-21 ini bagus, maka mereka akan diproyeksikan ke timnas U-23,” tandasnya.

“Saya belum pasti menjadi pelatih timnas U-23, karena saya belum ditunjuk langsung dan Surat Keputusan juga belum diterima. Jadi belum bisa bicara banyak,” pungkasnya.

Saat ini, Widodo tengah menyeleksi 52 pemain yang akan disaring menjadi 25. Namun besok ia akan mendapat dua tambahan pemain lagi dari Persires Bali Devata untuk diseleksi, dan menentukan pemain yang terpilih pada Rabu (11/1/12).

Iklan