Belajar bermain bass atau gitar hampir sama tantangannya,dan kuncinya adalah harus sabar dan rajin.  Jadi klo temen-temen udah bisa maen gitar biasa bakalan banyak ngebantu buat belajar gitar bass. Secara basic gitar bass dan gitar biasa sama,Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda dengan gitar cuma beda ukuran senar trus cara metiknya (cara maenya juga beda,hehehe).  So, kalo pengen belajar gitar bass lebih baik belajar gitar biasa dulu (paling gak tau basicnya,gak usah jago2 amat).

Beberapa tips yang mungkin bisa ngebantu temen-temen buat belajar gitar bass

  1. Siapkan gitar bass (kalo gak ada pake gitar bolong aja), Kalo masih gak ada juga pinjem temen yang punya.
  2. Cari temen yang bisa maen bass,minta ajarin kord basicnya.Kalo ga ada temen yang bisa, otodidak juga gak masalah
  3. Beli buku music, kalo gak modal (seperti saya,hehe) browsing di youtube : lesson bass , klo menrut pengalaman saya sih sangat ngbantu.
  4. Tau nada-nada di tiap senar : loss senar 1 adalah nada G, loss senar 2 adalah nada D,  loss senar 3 nada A dan loss senar empat nada E.
  5. Latian kord dasar (mayor n minor scales). Misal G Mayor tangga nadanya G-A-B-C-D-E-F#-G. Untuk lebih lengkapnya buka di arsip saya tentang mayor n minor scales atau tangga nada mayor minor.
  6. Nyoba maen lagu-lagu yang bass nya gampang (lagu2 pop biasanya bass nya gampang). Nyetel music terus bareng maen pake gitar sendiri,maen pake feel n perhatiin temponya.
  7. Sering-sering dengerin lagu trus perhatiin suara bass nya dan dengerin ikutin ketukan drumm nya soalnya gitar bass tu harus kawin ma drum (kata master gw sih,hehehe)
  8. KAlo ada rencana mo les bass mending belajar basic nya..Soalnya pengalaman sih kalo ditempat les musik tuh biasanya lama di basic nya. So, daripada buang2 uang buat lama2 di tempat les musik mensing belajar endiri dulu basicnya (biar gak kliatan bego2 bgt..hehhee)

TApi selain yang diatas Tips KUNCI yang paling penting buat temen yang mau belajar musik khususnya gitar bass adalah

  • RAJIN,
  • JANGAN PENGEN CEPET BISA (soalnya belajar muik gak bisa instan bro),
  • CONTINUE (lebih baik maen 10 menit tipa hari daripada langsung 10jam tapi tiap bulan doank)
  • SABAR, jangan cepet emosi kalo gak bisa

Semoga sedikit tips dari saya bermanfaat..SElamat mencobaa

Iklan